Sabtu, 26 Oktober 2013

Tugas Minggu ke 5 Bahasa Indonesia



Sensasi Liburan di Gunung Rigi
Bagaimana rasanya merayakan Natal dan Tahun Baru dari atas gunung setinggi 1.797 meter di Eropa? Hal ini tentu akan meninggalkan kesan tak terlupakan. Bayangkan, Anda bersama keluarga menghabiskan malam di atasgunungdenganpemandangandanau yang cantik.
Ya gunung yang dimaksud adalah Gunung Rigi. Swiss yang dikenal juga dengan sebutan “Ratu dari Semua Gunung”. Selain bermain ski pada musim dingin, gunung ini sering dijadikan tempat bermain kereta luncur. Tak hanya itu, pada musim panas, cukup banyak yang melakukan pendakian di Gunun Gini.
Jika tertarik mengunjungi Gunung Rigi, Anda bisa mengatur jadwal berangkat kesana pada akhir tahun nanti. Menariknya, karena Negara-negara di Eropa berjarak relative dekat, Anda bisa mengunjungi beberapa Negara dulu sebelum menuju ke Gunung Rigi.
Misalnya, Anda bisa menuju ke Roma terlebih dulu. Di sini tersedia aneka tempat indah, seperti Roma Forum, Sungai Tiber, dan monument Vittorio Emmanuelle. Jangan lupa berfoto-foto di Colloseumatau Trevi Fountain. Setelah puas keliling Roma, Anda patut mengunjungi Negara terkecil di dunia yaitu Vatikan. Di sini terdapat gereja Katolik terbesar di dunia yaitu Basilika St Petrus.
Dari Roma, anda bisa melanjutkan perjalanan ke Pisa untuk melihat Menara Pisa, Baptistery, dan The Cathedral. Jika tertarik mengoleksi barang-barang bermutu dari bahan kulit, silahkan Anda singgah di pabrik kuliat Pierotucci.
Masih di Italia, Anda wajib mencoba wisata di atas kota air yaitu di Venesia. Di sini, Anda bisa menggunakan “taksi air” dari pelabuhan Troncheto ke Piazza San Marco. Selain itu, di sini tersedia gondola untuk menyusuri kanal-kanal air.
Dari Italia, saatnya Anda melancong ke Swiss. Nah, di Negara ini, Anda bisa mengunjungi Gunung Rigi yang terletak di antara tiga danau, yaitu Danau Laucerne, Zug, dan Lauers.
Setelah puas menikmati pemandangan dari atas gunung, Anda bisa kembali ke Laucerne untuk mengunjungi Lion Monument, Chapel Bridge, dan Danau Lucerne. Selain itu, kota ini menyajikan banyak took yang menjual cokelat, souvenir, hingga jam dengan berbagai merek terkenal.
Setelah swiss, perjalanan bisa dilanjutkan ke Jerman, tepatnya di Koln yang terkenal sebagai kota asal parfum Eu de Cologne 4711. Kota ini juga memiliki Katedral Koln yang menjadi daya tarik karena merupakan satu-satunya bangunan yang tak hancur pada masa Perang Dunia II.
Dari Jerman, perjalanan bisa dilanjutkan ke Belanda. Dua kota yang wajib dikunjungi di Negara ini adalah Volendam dan Amsterdam. Volendam dikenal sebagai desa nelayan dengan penduduk yang masih menggunakan pakaian tradisional Belanda. Sementara itu, Amsterdam terkenal dengan tempat pengasahan berlian, Old Town Amsterdam, Royal palce, National Monument, dan Central Station.
Negara tetangga Belanda yaitu Belgia juga layak disambangi. Misalnya di Brussels yang menawarkan aneka hiburan mulai dari Manneken Pishingga belanja cokelat dan kue wafel khas Belgia.
Pemberhentian berikutnya adalah Paris, Perancis. Di sini tentu saja Anda wajib mengunjungi menara Eiffel atau jalan paling terkenal yaitu Paris-Champ Elysees dan Invalides. Sebelum kembali ke Indonesia, jangan lupa kunjungi taman hiburan Disneyland.
Sumber: Koran Kompas, tanggal 8 Oktober 2013

Jenisdiksiberdasarkanleksikal
1.      Sinonim
§  Bisa : Dapat
§  Relatif : Rata-rata
§  Misalnya : Contohnya
§  Tersedia : Terdapat
§  Daya : Kekuatan
§  Disambangi : Dikunjungi
§  Aneka : Macam-macam
2.      Antonim
§  Banyak >< Sedikit
§  Akhir >< Awal
§  Nanti >< Sekarang
§  Dekat >< Jauh
§  Sebelum >< Sesudah
§  Lupa >< Ingat
§  Tradisonal >< Modern
3.      Homonim
§  Negara - negara
4.      Homofon
§  Tidakada
5.      Homograf
§  Tidakada

6.      Hipernim
§  Gunung
§  Negara
§  Kereta
§  Musim
§  Menara
7.      Hiponim
§  Gunung - Rigi
§  Negara - Perancis
§  Kereta - Luncur
§  Musim - Panas
§  Menara - Eiffel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar