Senin, 24 Maret 2014

Tugas Softskills Bahasa Indonesia



PROMOSI
Pada kesempatan kali ini penulis ingin menulis tentang promosi. Didalam suatu perusahaan yang bergerak dibidang industri, jasa, bahkan property sekalipun pasti ada bagian atau team marketing. Marketing atau biasa kita dengar dengan pemasaran ini termasuk bagian yang sangat penting dan tidak bisa dianggap ringan dalam perkembangan atau progress suatu perusahaan. Banyak perusahaan-perusahaan yang membuat target dari mulai target dalam 1 hari, 1 minggu, atau 1 bulan.
Secara garis besar promosi adalah aktivitas untuk memperkenalkan dan menawarkan barang atau jasa kepada konsumen agar tertarik untuk membeli atau memakai produk dan jasa yang kita tawarkan. Ada beberapa tujuan promosi diantaranya, menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial, untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit/laba, dan untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar.
Menurut saya, pemasaran sangatlah penting bagi setiap perusahaan, ini disebabkan karena adanya keterkaitan dengan progress dari bahan mentah menjadi bahan jadi yang siap diolah dan dijual dipasaran sehingga mendapatkan profit bagi perusahaan. perusahaan dapat dilakukan dengan berbagai cara yang dihasilkan dari ide-ide kreatif para pekerja atau karyawan. Misalnya, perusahaan A yang banyak memproduksi berbagai macam produk kebutuhan rumah tangga dari mulai sabun yang mempunyai berbagai macam pilihan, susu bayi dari berbagai macam merk, dan shampoo yang banyak pilihan. Dari cara perusahaan A yang saya lihat apabila sedang berbelanja ke supermarket, perusahaan A ini memilih jasa dari Sales Promotion Girls (SPG) untuk mempromosikan produk-produk yang dihasilkan kepada pelanggan atau bahkan calon konsumen.
Tidak hanya cara diatas yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar lainnya dalam mempromosikan produknya. Dunia maya atau internet pun digunakan untuk promosi. Sebut saja sosial media instagram atau facebook yang digunakan untuk mempromosikan produk mereka kepada followers atau following mereka sendiri. Internet biasanya digunakan bagi perusahaan home industry yang kapasitas produksinya masih kecil. Biasanya penjualan online ini banyak dilakukan oleh kalangan muda seperti anak kuliahan, tidak jarang orang tua pun tertarik terhadap barang-barang online.
Didalam cara mempromosikan barang atau jasa yang mereka tawarkan, terdapat kelebihan dan kekurangan masing-masing. Seperti, contoh diatas mempromosikan dengan cara online yang hanya diperlihatkan melalui gambar saja tanpa konsumen menyentuh bahan dari barang tersebut. Kelebihan dari penjualan online diantaranya, konsumen tidak perlu capek-capek mengunjungi toko hanya untuk membeli satu barang, tetapi didunia online semuanya serba otomatis, tinggal mengirim pesan singkat dan menyebutkan kode barang yang biasanya tertera dibawah gambar.
Kesimpulan dari sebuah promosi adalah untuk membantu perusahaan mendapatkan profit sebanyak-banyaknya dan nama baik perusahaan akan diingat selalu melalui pelanggan setia yang selalu membeli produk-produk atau memakai jasa-jasa perusahaan tersebut.

DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar